Radio Rodja 756 AM

Radio Rodja 756AM 의 Radio Rodja 756 AM

Radio Rodja 756AM

Menebar Cahaya Sunnah

카테고리: 종교 및 역학

마지막 에피소드 듣기:


Pelajaran dari Kisah Nabi Syuaib adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 08 Juli 2024 M / 2 Al-Muharram 1446 H.



Kajian sebelumnya: Metode Dakwah Nabi Syuaib







Kajian Tentang Pelajaran dari Kisah Nabi Syuaib



Kaum Nabi Syuaib diazab dengan tiga azab. Yang pertama, dengan gempa bumi yang dahsyat. Yang kedua, dengan suara yang sangat keras. Dan yang ketiga, dengan terbakar.



Awalnya, ketika mereka menantang Nabi Syuaib agar diturunkan azab kepada mereka dan dipandang sama Nabi Syuaib bahwa mereka tidak akan beriman lagi, maka Nabi Syuaib berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan Allah timpakan azab. Dimana Allah kirim cuaca sangat panas, air yang mereka miliki panas, sumur-sumur airnya panas mendidih, sangat panas. Kemudian Allah kirim awan yang mereka sangka akan turun hujan. Mereka sudah bahagia, tapi mereka keliru. Awan itu ternyata berisi api, mereka dibakar dari atas dan bawah, sebelum dibakar di neraka. Kemudian ada teriakan yang sangat keras sekali, sangat menggelegar, lalu dihancurkan oleh Allah juga dengan gempa yang sangat luar biasa. Itu akhir dari kisah orang-orang yang membangkang, kufur, dan tidak nurut sama nabinya.



Setelah Allah mengisahkan kepada kita kisah kaum Hud, kisahnya kaum Shaleh. Allah Ta’ala berfirman,



ذَٰلِكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْقُرَىٰ نَقُصُّهُ عَلَيْكَ ۖ مِنْهَا قَائِمٌ وَحَصِيدٌ



“Yang demikian itu atau itulah di antara berita dari penduduk negeri yang Kami hancurkan yang Kami kisahkan kepada engkau. Di antara negeri-negeri itu ada yang tanda-tandanya masih ada, ada juga yang sudah musnah.” (QS. Hud[11]: 100)



Negeri-negeri yang ada di dunia yang dihancurkan sama Allah Subhanahu wa Ta’ala, ada yang Allah musnahkan sama sekali, lenyap, ada yang tinggal sisa-sisanya saja yang sampai sekarang masih ada. Sisa-sisa dari kaum yang dulu berjaya, yang dulu hebat kuat, yang catnya tidak luntur.



Allah Ta’ala berfirman,







وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَٰكِنْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ۖ فَمَا أَغْنَتْ عَنْهُمْ آلِهَتُهُمُ الَّتِي يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ لَمَّا جَاءَ أَمْرُ رَبِّكَ ۖ وَمَا زَادُوهُمْ غَيْرَ تَتْبِيبٍ



“Kami tidak menzalimi mereka, tetapi mereka sendirilah yang menzalimi diri mereka itu. Sesembahan-sesembahan mereka sama sekali tidak bisa memberikan manfaat kepada mereka ketika datang azab Rabbmu. Sesembahan-sesembahan itu tidaklah menambah mereka melainkan kepada kecelakaan.” (QS. Hud[11]: 101)



Disebutkan oleh Allah dalam ayat ini, sesembahan-sesembahan yang disembah selain Allah itu pada hakikatnya menyeret kepada kecelakaan, kebinasaan, dan kehancuran.



Pelajarannya adalah kita harus taat kembali pada Allah. Diingatkan dengan ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang kita baca dan pelajari, kita menjadi lebih baik, menambah amal shalih, menambah dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, terus belajar agama, mempelajari akidah, tauhid, manhaj yang lurus, ibadah. Itu tugas kita.



Allah tugaskan kita untuk fokus beribadah, dan kepada hal-hal yang mendatangkan pahala dan rid...

이전 에피소드

  • 3909 - Pelajaran dari Kisah Nabi Syuaib 
    Thu, 11 Jul 2024
  • 3908 - Lupa dalam Shalat dan Perintah untuk Sujud Padanya 
    Wed, 10 Jul 2024 - 0h
  • 3907 - Jalan yang Terang Benderang 
    Wed, 10 Jul 2024
  • 3906 - Beriman kepada Takdir Baik dan Buruk 
    Tue, 09 Jul 2024
  • 3905 - Nafkah, Makan, dan Pakaian untuk Anak 
    Wed, 03 Jul 2024 - 0h
더 많은 에피소드 표시

더 한국어 종교 및 역학 팟 캐스트

더 많은 국제 종교 및 역학 팟 캐스트

팟캐스트 장르 선택